Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Sutradara Tampan Gabungkan Bayangan dan Mata Asli dalam Animasi A Shadow of Blue

A Shadow of Blue merupakan fim pendek garapan Carlos Lascano, seorang sutradara, penulis, juga ilustrator yang terlahir di Argentina pada 8 Juni 1973. Salah satu kekhasan film animasi garapan Carlos Lascano yang terdapat dalam A Shadow of Blue adalah gabungan antara animasi dan objek nyata. Ia menggunakan mata dan bayangan orang asli dan untuk film animasinya itu.

Ide A Shadow of Blue

Ide film pendek  A Shadow of Blue muncul saat Carlos Lascano melihat foto yang sangat menggugah nuraninya. Foto itu memuat dua orang gadis berseragam sekolah tengah berjalan melewati reruntuhan bangunan satu kota yang hancur akibat perang. Mereka tidak terlihat takut, malah terlihat sambil bermain-main di antara reruntuhan. Carlos menduga pastilah ada imajinasi dan fantasi tertentu di kepala mereka, sehingga mampu berjalan melalui puing-puing bangunan kota.

Carlos mulai memikirkan bagaimana cara menyampaikan kekuatan mimpi dan fantasi dua gadis berseragam itu. Ia senang menyampaikan cerita secara metafora. Ia ingin setiap orang memaknai ceritanya dengan cara yang paling cocok untuk diri mereka sendiri. Ia suka dengan cerita yang multitafsir. Masalahnya jika ia membuat cerita dengan tokoh gadis kecil berada di tengah puing-puing, tank, dan asap, serta suasana perang lainnya, banyak orang akan memiliki penafsiran yang sama.


Carlos akhirnya mendapatkan ide: menggunakan bayangan sebagai tokoh utama ceritanya. Setiap orang dapat menafsirkan bayangan sebagai apa saja. Termasuk lingkungan di mana bayangan itu berada. Bagi Carlos sendiri, ia dapat menebarkan berbagai simbol baik pada gerak dan tingkah laku si bayangan, juga benda-benda di sekitar si bayangan.

Pembuatan A Shadow of Blue

Carlos menggunakan aktris sungguhan sebagai bayangan. Hal itu dilakukannya agar film animasinya hadir senyata mungkin. Selain itu, emosi-emosi bayangan harus terlihat dari gerak-geriknya, karena bayangan tidak memiliki ekpresi wajah beremosi. Maka, setiap gerak aktris yang menjadi bayangan direncanakan sematang mungkin.



Tokoh gadis kecil diperankan oleh marionette, semacam boneka yang terbuat dari porselen, kardus, kayu, kawat, dan kain. Tingginya 25 cm. Beberapa bagian tubuhnya ditandai pola untuk diolah dengan teknologi 3D, terutama bagian mata. Gerak tubuh si gadis kecil yang terbatas, harus dibantu dengan binar dan lirikan mata yang penuh makna. Mata gadis kecil harus bisa menyampaikan emosinya. Mata inilah yang dipadukan dengan mata asli sehingga hasilnya seperti yang kita lihat pada film A Shadow of Blue.




Bagian akhir dari A Shadow of Blue yang harus diselesaikan adalah ilustrasi musik dan efek suara. Terlebih A Shadow of Blue tidak menggunakan percakapan. Ilsutrasi musik digarap oleh Alex Conrado sedangkan efek suara oleh Paul Wardlaw dan Mark Vogelsang dari OIART.

Awalnya Tidak Paham dengan A Shadow of Blue

Saya sebagai pecinta film animasi, awalnya tidak paham dengan alur cerita “A Shadow of Blue” Kenapa banyangan si gadis kecil keluar dari tubuhnya? Ketika sampai pada akhir cerita, barulah saya paham, apa yang ingin disampaikan Carlos Lascano. Hal itulah yang menyebabkan saya menggunakan film ini untuk menjelaskan tentang plot cerita pada pelatihan menulis kreatif


Jika kamu sudah menonton film “A Shadow of Blue” ini, saya yakin kita akan sepakat bahwa Carlos Lascano berhasil menghadirkan film animasi yang realistis dengan pesan yang cukup dalam. Betul, kan?

Film A Shadow of Blue” bisa dilihat di sini
    

sumber tulisan dan gambar: http://www.carloslascano.com/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Contoh Surat Keterangan Siswa dengan NISN

Lomba menulis untuk siswa SD, SMP atau SMA seringkali mensyaratkan surat keterangan dari kepala sekolah, lengkap dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Surat ini untuk menguatkan status siswa di satu sekolah sekaligus sebagai upaya menyadarkan pihak sekolah bahwa ada siswanya yang ingin mengikuti suatu lomba.  Surat Keterangan Siswa Siswa cukup menyampaikan permintaan surat keterangan siswa kepada guru, wali kelas, atau wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Surat keterangan siswa dibuat oleh bagian administrasi sekolah, ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap. Berikut ini merupakan contoh surat keterangan siswa yang belum ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap.    Contoh surat keterangan siswa yang belum dibubuhi cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah Nomor Induk Siswa Nasional Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas unik yang diberikan secara acak kepada setiap siswa di Indonesia oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP),