Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Isu Eljitibi dan Adegan Dewasa dalam Film Frozen 2

Film Frozen II
Film Frozen 2 di Indonesia tayang dua hari lebih awal daripada di Amerika. Sebelum tayang, rumor eljitibi marak beredar. Ada tokoh wanita yang juga punya kekuatan seperti Elsa. Dia akan jadi pasangan Elsa. Belum juga nonton, kita sudah membatin “Waduh, bahaya tuh!”

Cerita Frozen 2

Anna dan Elsa Ratu Iduna
Anna dan Elsa kecil bersama Ratu Iduna, Sang Ibu (Sumber: Disney)
Film Frozen 2 dibuka dengan adegan masa kecil Elsa dan Anna. Mereka bermain orang-orangan salju di kamar. Sang ayah, Raja Agnarr dan Ratu Iduna mengingatkan keduanya agar segera tidur. Sebelum tidur, Raja Agnarr menuturkan kisah hutan ajaib.

Hutan ajaib dihuni oleh suku Northuldra. Saat kecil Raja Agnar pernah berkunjung ke hutan itu. Sayangnya terjadi insiden antara suku tersebut dan Raja Runeard (kakek Elsa dan Anna). Insiden itu membuat empat roh pelindung menyelubungi hutan ajaib dengan kabut pekat. Tidak ada orang yang bisa masuk ke hutan itu lagi.

Kisah film Frozen 2 berlanjut ke masa setelah Elsa menjadi ratu Arendelle. Elsa sering terganggu dengan suara panggilan. Hanya dia yang bisa mendengarnya. Satu malam, Elsa mengikuti suara itu sampai hembusan angin menerpanya. Kristal-kristal es dengan simbol air, api, angin, dan tanah bertebaran di udara. Simbol itu merupakan empat roh penjaga hutan ajaib.

Petunjuk menuju hutan ajaib (Sumber: Disney)
Air dan api hilang dari Arendelle. Angin berhembus kencang, tanah bergoyang. Warga Arendelle mengungsi. Setelah mendapat wejangan dari Grand Pabbie, tetua troll, Elsa berangkat menuju hutan ajaib. Anna bersikeras ikut. Olaf, Kristoff dan Sven juga turut serta. Petualangan dimulai.

Ternyata hutan ajaib berpenghuni. Suku Northuldra masih tinggal di sana. Tak disangka Letnan Mattias dan beberapa pengawal kerajaan Arendelle yang dulu terlibat insiden juga terjebak di hutan itu. Satu demi satu tabir terbuka. Alasan kepergian ayah dan ibu Elsa terungkap, juga kelicikan Raja Runeard, sang kakek, di masa lalu.

Pesan Elgibiti

Pasangan Lesbi Elsa
Tokoh yang katanya pasangan Elsa (Sumber: Disney)
Saya pernah membaca di media sosial. Entah akun siapa, saya lupa. Katanya film Frozen 2 akan menampilkan tokoh wanita lain yang juga memiliki kekuatan. Warganet menduga kekuatannya angin. Sebab pada teaser trailer terdapat adegan seorang gadis dengan gulungan angin.

Ternyata gulungan angin adalah wujud dari kekuatan Gale, roh angin. Selain Gale, ada Nokk yang menguasai air, Bruni roh angin bewujud bunglon dan raksasa tanah. Selain roh yang menguasai 4 elemen itu, ada roh kelima yang kelak menjadi penyatu keempat elemen yang berbeda.  

Sosok gadis dengan angin bergulung hanya muncul selintas lalu dalam beberapa adegan. Dia tidak lain adalah sosok remaja dari Ratu Iduna, ibu Elsa dan Anna. Ternyata di hutan ajaib itulah orang tua kedua gadis itu bertemu sampai akhirnya menikah.

Elsa Frozen 2
Elsa dengan kekuatan esnya cenderung superior, tidak perlu bantuan pangeran tampan berkuda putih (Sumber: Disney)
Elsa masih dikisahkan sendiri tanpa pasangan, tapi tidak galau dan merana. Sementara Anna, masih menjalin hubungan percintaan dengan Kristoff. Sepanjang film kita akan disuguhi berbagai usaha Kristoff melamar Anna.

Saya belum menemukan pesan eljitibi dalam film Frozen 2. Bisa jadi rumor eljitibi sengaja dihembuskan para publisis untuk membuat orang penasaran sehingga ingin menonton. Bukankah orang cenderung melanggar peringatan atau kepo dengan sesuatu yang dilarang, kan?

Frozen 2 untuk Anak

Badan sensor film Indonesia memberikan rating SU (Semua Umur) untuk film Frozen 2. Bandingkan dengan Malaysia yang memberikan rating P13, artinya penonton di bawah usia 13 tahun dengan bimbingan orang tua. Common sense media, organisasi nirlaba Amerika yang sering mengulas tayangan untuk anak memberikan rating 6+ dengan bimbingan orang tua.

Kok bisa beda? Entahlah. Masih ada persepsi di sebagian orang, film animasi itu pasti cocok untuk anak. Padahal animasi hanya bentuk, konten bisa dewasa. Tidak cocok untuk anak-anak.

Frozen 2 menyahikan animasi yang memukau dengan latar seolah nyata. Misalnya lautan Utara yang disebrangi Elsa. Di film Frozen 2 ini kita akan mendapat sajian kekuatan es dan angin yang bersatu sehingga menampilkan patung es figur tertentu. Satu di antaranya figur orang tua Elsa saat kapalnya karam.

Namun cerita film Frozen 2 lebih rumit dibandingkan prekuelnya. Selain itu, film berdurasi 103 menit itu juga terdapat adegan dewasa! Setidaknya ada 5 adegan ciuman antara Anna dan Kristoff. Pada 2 adegan, Anna duluan yang mencium Kristoff. Seingat saya, pada Frozen yang rilis 2013 lalu, Anna dan Kristoff hanya berciuman di akhir film. Di luar itu, Anna juga ingin mencium Pangeran Hans untuk menghilangkan kutukan frozen heart.

Berbagai pertanyaan di benak saya pun belum terjawab sampai akhir film. Misalnya, suara panggilan itu sebenarnya apa? Kenapa di Utara itu tersimpan berbagai kenangan Elsa. Penyelesaian berbagai masalah rasanya terlalu mudah, gitu aja! Anak-anak mungkin tidak terlalu peduli dengan hal ini karena sudah cukup terhibur dengan 11 lagu tema Frozen 2. Sayangnya, di telinga saya, belum ada lagu yang cukup nendang seperti Let It Go.

Sebelum film dimulai ada beberapa iklan produk anak yang menggunakan tokoh Frozen 2 dalam kemasannya. Misalnya produk sampo dan sabun. Di beberapa toko dekat bioskop tempat saya nonton juga ada lomba foto kostum Frozen. Anak yang terkesan dengan Anna dan Elsa cenderung akan memilih produk yang bergambar Elsa dan Anna pada kemasannya, kan?
Koleksi Frozen
Kolektor benda-benda terkait Frozen Sumber (adelaidenow.com.au)
Silakan putuskan, apakah perlu mengajak anak menonton film Frozen 2 di bioskop atau nonton film versi unduhan di dari internet saja. Memang terkesan lebih murah nonton film versi unduhan. Namun dengan film Frozen di perangkat elektronik, anak dapat menonton berulang-ulang. Belasan kali, puluhan, bahkan ratusan sehingga dia mungkin ingin menjadi Elsa, Anna, atau Olaf. Perilaku lanjutannya, menjadi pemakai produk dan jasa dengan gambar tokoh Frozen 2, bahkan menjadi die hard fans Frozen.    

Komentar

  1. Yg masih misteri, kenapa badan sensor indo bisa lebih longgar dari as? Kalo dibanding malaysia masih biasa, lah kok dg amrik??

    BalasHapus
  2. Wah sudah tayang ternyata. Anak saya beberapa hari lalu bilang kalau ada film baru Frozen 2. Setelah baca ulasannya jadi bingung mau mengajak atau tidak kalau ada adegan ciuman sampai 5 kali. Hmmm... 🤔

    BalasHapus
  3. berarti benar-benar harus mulai pilah-pilih film juga ya ternyata, dan disini kekeliruang LSF berarti karena membuatnya menjadi film SU sedangkan ada adegan ciumannya. tetapi entahlah semuanya membuat kita yang deawasa benar-benar harus mengawasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Contoh Surat Keterangan Siswa dengan NISN

Lomba menulis untuk siswa SD, SMP atau SMA seringkali mensyaratkan surat keterangan dari kepala sekolah, lengkap dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Surat ini untuk menguatkan status siswa di satu sekolah sekaligus sebagai upaya menyadarkan pihak sekolah bahwa ada siswanya yang ingin mengikuti suatu lomba.  Surat Keterangan Siswa Siswa cukup menyampaikan permintaan surat keterangan siswa kepada guru, wali kelas, atau wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Surat keterangan siswa dibuat oleh bagian administrasi sekolah, ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap. Berikut ini merupakan contoh surat keterangan siswa yang belum ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap.    Contoh surat keterangan siswa yang belum dibubuhi cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah Nomor Induk Siswa Nasional Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas unik yang diberikan secara acak kepada setiap siswa di Indonesia oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP),