Menulis, Buku, Kehidupan

Kamis, 29 Agustus 2019

7 Kriteria yang Dipertimbangkan Pria Saat Memilih Calon Istri, Nomor 2 Bisa Bikin Galau


Kata cerai mungkin tidak pernah terbayangkan dalam benak kita saat menikah. Namun faktanya, tren angka perceraian yang terus meningkat. Hal itu membuat sebagian orang hati-hati memilih jodoh.

Dikutip dari Republika.co.id  (21/1/2018), Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung mencatat rata-rata angka perceraian naik 3% per tahunnya. Misalnya angka perceraian pada 2014 tercatat 344.237, naik menjadi 365.633 perceraian di 2016.

Tidak heran jika pria menetapkan kriteria tertentu saat memilih calon istri. Dikutip dari standardmedia.co.ke publikasi (3/7/2018), inilah 7 kriteria yang umumnya dipakai pria di seluruh dunia saat memilih calon istri.

1. Usia lebih muda
Pria memilih wanita yang lebih muda 5 – 10 tahun. Jika  pria berusia 30 tahun, calon istri berada di kisaran usia 20 – 25 tahun. Jika pria menginginkanpunya banyak anak, usia muda akan menjadi prioritas utama sebab usia aman melahirkan haruslah sebelum 40 tahun. Usia yang lebih muda juga membuat si pria bangga menggandeng istrinya ke mana-mana

2. Bukan wanita karier
Wanita karier cenderung memiliki banyak pertimbangan untuk segera memiliki anak setelah menikah. Bahkan sebagiannya ragu-ragu untuk memiliki anak. Wanita yang bekerja namun resign, cenderung lebih mudah dipilih oleh pria ingin segera punya anak. Citra ibu rumah tangga yang baik hingga saat ini masih wanita yang berada di rumah saja.

3. Gadis lugu yang berbudi luhur
Gadis pesta yang tidak bisa menunggu akhir pekan untuk dugem, perokok, bahkan memiliki pengalaman hidup bebas tentu bukan pilihan yang baik. Pria lebih memilih gadis luguyang berbudi luhur. Hal ini bukan berarti gadis yang akan dipilih berasal dari desa. Sebab desa dan kota saat ini keadaannya tidak jauh berbeda.

4. Menghormati pria 
Satu lagi alasan pria menikahi wanita yang lebih muda, karena si wanita cenderung menghormatinya. Pria senang menjadi orang yang dicintai sekaligus dihormati. Wanita yang lebih mudah bisa lebih menghormati pria yang lebih tua darinya.

5. Wanita yang sejuk dipandang dan menghangatkan
Pria berusaha menemukan seorang wanita menyejukkan mata sekaligus membuat hangat setiap kali dipandang. Ketika dunia tampak runtuh, seulas senyumannya saja dapat mencerahkan hari sang pria dan membuatnya bersemangat lagi. Untuk kriteria ini, pengalaman pria dengan ibu, guru dan wanita-wanita yang mengesankannya di masa lalu akan sangat menentukan.
6. Tidak ada kata cerai dalam rencana jangka panjangnya
Jika baru menjadi calon istri, wanita sudah mengucapkan perceraian sebagai cara untuk mengatasi konflik pernikahan itu bikin ilfil. Dia mungkin langsung dicoret dari bursa calon istri. Sebagian pria menganggap rencana hari ini adalah kenyataan di masa depan

7. Punya latar belakang keluarga yang jelas
Pria akan memastikan wanita yahg akan dinikahinya memiliki sesuatu yang disebut keluarga. Mungkin saja calon istrinya yatim-piatu, atau hanya memiliki satu orang tua, namun ia tetap memiliki keluarga yang jelas. Hal itu penting, agar anak-anak kelak mudah memahami konsep keluarga.

Tujuh kriteria di atas mungkin tidak semuanya dicari pria pada diri wanita. Namun sebagian besarnya harus ada. Jangan galau jika wanita tidak memiliki semua kriteria tersebut. Kadang-kadang pria punya alasan yang tak masuk akal saat memlih calon istrinya. 

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. No 7 itu paling utama, latar belakang dan silsilah keluarga yang jelas. Terutama untuk menentukan siapa wali sang perempuan 😊

    BalasHapus
  2. saya memang mencari yang lebih muda, tapi saya juga pernah tertarik dengan yang lebih tua mas, heheh...

    yang penting backgrondnya jelas, siapa keluarga dan bagaimana kesehariannya.

    BalasHapus