Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Peluang Menulis Naskah Holidaylicious

Di awal tahun 2015 ini, Nourabooks mengeluarkan buku seri baru untuk penulis dan pembaca cilik. Namanya Holidaylicious! Judul pertama yang terbit adalah Konnichiwa, Jepang! Karya Laksita Judith Tabina. Kamu tertarik untuk menulis naskah Holidaylicious? Simak saja persyaratannya berikut ini.

Holidaylicious Serupa PCPK

Persyaratan penulisan naskah Holidaylicious pada dasarnya sama saja dengan seri Penulis Cilik Punya Karya (PCPK) yaitu:
1.    Panjang naskah maksimal 60 halaman, spasi ganda (double) atau spasi 2. Lebih 2-3 halaman misalnya 62 atau 63 halaman tidak apa, namun usahakan naskah sekurang-kurangnya 55 halaman agar buku tidak terlalu tipis saat diterbitkan. Ketentuan 60 halaman itu hanya isi, tidak termasuk biodata penulis, atau pengenalan tokoh (tidak wajib), dan ucapan terima kasih (tidak wajib)
2.    Naskah harus berupa novel bukan kumpulan cerita. Novel harus berlatar negara di luar negeri, bukan di Indonesia.    
3.    Naskah diketik pada format kertas HVA A4. Gunakan huruf Times New Roman 12 pt agar tulisanmu mudah dibaca.
4.    Usia maksimal penulis 14 tahun atau belum genap berusia 15 tahun pada saat mengirimkan naskah.
5.    Naskah dikirimkan melalui e-mail ke redaksi@noura.mizan.com dengan subject Naskah PCPK atau kirim ke hasil print out yang dijilid rapi ke Redaksi Nourabooks Jl. Raya Jagakarsa No.40, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620 Telp 021-78880556.
6.    Sertakan biodata yang berupa narasi, foto terbaru, dan nomor teleponmu atau nomor telepon orangtua.
Redaksi akan menilai naskah tersebut dalam waktu 3 bulan. Pemberitahuan layak atau tidak layak melalui e-mail atau telepon, bisa lebih cepat atau lebih lambat. Daripada pusing menunggu kejelasan terbit naskah, ada baiknya penulis membuat naskah baru saja.

Negara Latar Holidaylicious      

Karya Laksita Judith
Kemunculan seri Holidaylicious tentu belum banyak diketahui penulis cilik. Maka dari itu, redaksi Nourabooks mengundang beberapa penulis cilik berpengalaman untuk menulis naskah Holidaylicious dengan latar negara tertentu. Laksita Judith Tabina dan Annisa Rizkia Arigayota adalah dua dari beberapa penulis cilik berpengalaman yang diundang khusus untuk menulis naskah seri Holidaylicious ini.
Beberapa latar negara yang sudah dipesan penulis pada beberapa penulis cilik berpengalaman adalah:
Jepang
Korea
Meksiko
Italia
Belanda
Turki
Dubai
Prancis

Novel-Chicha
Noor H. Dee, redaksi Nourabook yang saya hubungi, menyarankan penulis cilik menulis naskah Holidaylicious dengan latar negara yang belum dipesan. Jika kamu sangat ingin menulis naskah Holidaylicious dan mampu menyelesaikan naskah dalam waktu cepat, Noor H. Dee lebih menyukai jika kamu membuat sinopsis novel Holidaylicious terlebih dahulu dan mengirimkannya ke redaksi@noura.mizan.com Pengajuan sinopsis di awal penulisan ini untuk menghindari tumpang tindih penulisan naskah yang sudah dipesan.
Nah, tunggu apa lagi. Segera buka album foto liburanmu di luar negeri, hubungi saudara atau kenalanmu di luar negeri, atau teliti kehidupan orang lain di luar negeri untuk menulis naskah Holidaylicious. Selamat menulis!        

    
    

Komentar

  1. Makasih infonya ya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. makasih kak atas infonya :D tadi nelpon pihak PCPK syukur aku diberi luang untuk nulis ini :D

    BalasHapus
  3. izin repost dengan credit

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Contoh Surat Keterangan Siswa dengan NISN

Lomba menulis untuk siswa SD, SMP atau SMA seringkali mensyaratkan surat keterangan dari kepala sekolah, lengkap dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Surat ini untuk menguatkan status siswa di satu sekolah sekaligus sebagai upaya menyadarkan pihak sekolah bahwa ada siswanya yang ingin mengikuti suatu lomba.  Surat Keterangan Siswa Siswa cukup menyampaikan permintaan surat keterangan siswa kepada guru, wali kelas, atau wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Surat keterangan siswa dibuat oleh bagian administrasi sekolah, ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap. Berikut ini merupakan contoh surat keterangan siswa yang belum ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap.    Contoh surat keterangan siswa yang belum dibubuhi cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah Nomor Induk Siswa Nasional Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas unik yang diberikan secara acak kepada setiap siswa di Indonesia oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP),