Menulis, Buku, Kehidupan

Rabu, 08 Februari 2017

Inilah Fakta Dibalik Boikot Film Surga yang Tak Dirindukan 2

Sebelum Film Surga yang Tak Dirindukan 2 baru akan tayang resmi di bioskop tanah air, ajakan untuk tidak menonton film yang diadaptasi dari novel Asma Nadia ini sudah beredar di media sosial. Kenapa?

Berawal di Facebook
Ajakan itu disampaikan oleh akun Facebook Amsal Batubara pada Senin (6/2/2017). Amsal mengirimkan gambar Raline Shah, aktris film Surga yang Tak Dirindukan 2 foto bersama Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok. Pada keterangan foto, Amsal menulis “Jangan mau umat Islam dimanfaatin cuma untuk cari makan, sementara di belakang menghina ulama dan membela tersangka penista Al Qur’an.” Keterangan itu ditulis dengan huruf kapital semua.

Gambar itu disimpan sebagian orang, kemudian disebar melalui aplikasi obrolan ke berbagai grup sehingga menjadi viral. Di akun Amsal Batubara sendiri kiriman foto itu sudah dibagikan hampir 6.200 kali per Rabu (8/2/2017) jam 17.00 WIB. Namun komentar untuk kiriman itu hanya ada 15 komentar oleh 13 akun Facebook lain.

Raline Shah terlihat tidak begitu menanggapi kiriman itu di akun-akun media sosialnya. Begitu juga halnya dengan Manoj Punjabi, sang produser. Mereka sepertinya fokus pada promosi dan presale tiket nonton yang berhadiah DVD soundtrack film. Prekuel film tersebut yaitu Surga yang Tak Dirindukan pertama tayang pada Juli 2015 dan berhasil meraup lebih dari 1,5 juta penonton. Surga yang Tak Dirindukan 2 diharapkan mengumpulkan penonton lebih banyak lagi.

Fakta Foto
Jika kita menggunakan kata “Raline dan Ahok” di mesin pencari Google, hasil pencarian gambar akan memunculkan foto sama dengan unggahan Amsal Batubara. Foto ini mengacu kepada acara makan malam sejumlah artis bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada akhir Maret 2016. Akun Instagram @ralineshah pernah memuat foto-foto itu tertanggal 29 Maret 2016.
Foto Unggahan di Instagram @Ralineshah via Websta
Ternyata bukan hanya Raline saja yang hadir pada acara itu, sejumlah artis lainnya seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Julia Perez, Tika Panggabean, Addie MS, Gisel hingga Gading Marten dan lainnya juga menghadiri jamuan makan malam itu. Foto-foto acara makan malam diunggah akun Instagram @ralineshah dengan tanda pagar #walaupunanakmedan dan beberapa tanda pagar berbeda.
Artis-artis yang hadir pada jamuan makan malam dengan Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta

Udjo, Raline Shah, Julia Perez, Gading Martin, Darwis Triadi dan Adi MS

Tanggal unggahan foto sangat jelas: 29 Maret 2016. Artinya, foto diambil beberapa bulan sebelum kasus penistaan Al Qur’an terjadi. Pada saat itu pun atmosfer kampanye Pilkada DKI Jakarta tidak sepanas awal 2017 ini. Foto yang sama kemungkinan diambil akun Amsal Batubara, kemudian disandingkan dengan poster film Surga yang Tak Dirindukan 2.


Sejauh ini, Raline Shah dan pemain film Surga yang Tak Dirindukan lainnya belum menanggapi kiriman Amsal Batubara itu. Asma Nadia selaku penulis novel Surga yang Tak Dirindukan 2, pihak produser dan kru film pun sepertinya fokus pada promosi film yang diharapkan meraih sukses lebih besar daripada prekuelnya. Terlebih Surha yang Tak Dirindukan (2015) sudah beredar dalam bentuk DVD dan tayang di televisi  swasta. 

Sebagai jaminan keamanan konten bagi umat Islam, Asma Nadia sendiri sering bertindak sebagai publisis film-film yang diadaptasi dari karyanya. Ibu dua anak ini di berbagai kiriman media sosialnya menyampaikan, ia selalu mengawal produksi film-film dari buku-bukunya. Tujuannya agar film membawa manfaat besar untuk umat Islam, bukan sebaliknya. Apalagi belum banyak film yang mengangkat kehidupan umat Islam secara jelas, khususnya film yang ditayangkan oleh bioskop.  

BACA JUGA

Wow, Beginilah Dampak Boikot Film Surga yang Tak Dirindukan 2  

Ternyata Begini Sunnah Rasul Seks Malam Jum'at Itu
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. ih ada-ada aja yang nyebarin isu begitu. padahalkan aku suka banget sama film syurga yang tak dirindukan.

    BalasHapus