Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Lomba Cerpen Sastra Hijau Forum Lingkar Pena FLP 2020


Lomba Sastra Hijau FLP

Pada 22 Februari 2020, Forum Lingkar Pena (FLP) akan merayakan milad ke-23. Untuk menyambut miladnya itu, FLP mengadakan lomba menulis cerpen. Temanya cukup menarik: LINGKUNGAN

Persyaratan lomba:
1. Peserta lomba adalah anggota FLP yang memiliki NRA. (Bagi yang belum memiliki NRA, dapat segera diurus ke pengurus cabang atau wilayah terdekat).

Contoh kartu anggota, di bawah nama adalah NRA

2. Cerpen bertema lingkungan. 

3. Karya asli, bukan terjemahan, dan belum pernah diterbitkan ataupun memenangkan sayembara menulis lainnya (dibuktikan dengan surat pernyataan keaslian karya).

😏 Nggak tahu cara bikin surat keaslian karya? Baca di link berikut ini
Contoh surat keaslian karya beserta template yang bisa diunduh

4. Naskah ditik rapi sesuai PUEBI, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, margin 3-3-3-3 dan dengan panjang naskah 5-9 halaman A4.

5. Pada bagian akhir naskah dicantumkan biodata lengkap, NRA, termasuk  nama ranting/cabang/wilayah  FLP tempat bergiat.
(Jadi tidak perlu mengirimkan hasil pindai kartunya, ya. Cukup mencantumkan NRA saja. Misalnya 004/D/013/006)

6. Naskah dikirim ke email: divisikaryaflp@gmail.com dengan subjek: Cerpen Sastra Hijau_Nama Penulis_Judul

Contoh:
Sastra Hijau_Sabir_Hutan Rahasia

7. Naskah ditunggu paling lambat 1  Februari 2020 (pukul 23.59 WIB) via email (panitia tidak menerima naskah print out).

8. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai:
Juara I         : Rp600.000 + paket buku
Juara II        : Rp500.000 + paket buku
Juara III       : Rp400.000 + paket buku
Juara Harapan I : 300.000 + paket buku
Juara Harapan II: 200.000 + paket buku
Perhargaan khusus untuk FLP cabang yang mengirimkan naskah cerpen terbanyak

😒 Duh hadiahnya cuma segitu, ya... 

😏 Kalau pikiran cetek emang gitu. Asal tahu aja, kemenangan pada lomba ini akan jadi pintu rezeki lain yang lebih besar dan berkah)
9. Pemenang akan diumumkan di acara puncak milad ke-23 FLP, yang akan diadakan di Bandar Lampung, 23 Februari 2020
😒 Bakal diundang nggak? 

😏 Diundang secara umum. Semua anggota FLP sedunia bakal diundang melalui media sosial FLP. Tidak ada biaya transportasi dan akomodasi untuk undangan tersebut.


10. Naskah kelima pemenang beserta karya lainnya yang dianggap layak akan diterbitkan dan diluncurkan pada acara milad FLP.

11. Seluruh Badan Pengurus Pusat (BPP) FLP tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

12. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.



Lomba Cerpen Sastra Hijau Forum Lingkar Pena

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Contoh Surat Keterangan Siswa dengan NISN

Lomba menulis untuk siswa SD, SMP atau SMA seringkali mensyaratkan surat keterangan dari kepala sekolah, lengkap dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Surat ini untuk menguatkan status siswa di satu sekolah sekaligus sebagai upaya menyadarkan pihak sekolah bahwa ada siswanya yang ingin mengikuti suatu lomba.  Surat Keterangan Siswa Siswa cukup menyampaikan permintaan surat keterangan siswa kepada guru, wali kelas, atau wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Surat keterangan siswa dibuat oleh bagian administrasi sekolah, ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap. Berikut ini merupakan contoh surat keterangan siswa yang belum ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap.    Contoh surat keterangan siswa yang belum dibubuhi cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah Nomor Induk Siswa Nasional Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas unik yang diberikan secara acak kepada setiap siswa di Indonesia oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP),