Menulis, Buku, Kehidupan

Senin, 26 November 2018

Tips Menghemat Baterai Saat Traveling yang Sudah Terbukti


Ada kalanya seseorang melakukan traveling atau perjalanan dengan membawa ponsel pintar tanpa power bank. Pergi sejak pagi, kesempatan untuk mengisi ulang baterai baru ada pada malam hari. Berikut ini beberapa tips untuk menhemat baterai saat traveling berdasarkan pengalaman saya mengikuti Jelajah 4G ke beberapa kota kabupaten Jawa Barat, tahun lalu.

1. Matikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan  

Pengguna ponsel pintar seringkali mengaktifkan berbagai aplikasi seperti media sosial dan permainan. Saat layar ponsel berada pada mode siaga, belum tentu aplikasi itu tertutup sempurna atau nonaktif. Aplikasi yang masih aktif, apalagi terhubung dengan jaringan akan menguras sumber daya baterai.

Matikan saja aplikasi yang tidak digunakan dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai. Cara lain yaitu masuk ke pengaturan aplikasi, nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan secara manual. Jika perlu hapus saja aplikasi yang jarang dipakai. Selain dapat menghemat daya, ruang penyimpanan ponsel menjadi lega. 

2. Hentikan Dahulu Pemakaian Internet   

Penggunaan internet saat perjalanan cukup menguras daya baterai ponsel pintar. Baterai dengan kapasitas 2500 mAh hanya dapat mendukung penggunaan internet tanpa henti di ponsel pintar selama 5-6 jam saja. Kisaran kapasitas baterai 2000 mAh – 2500 mAh tersemat di sebagian besar ponsel pintar yang beredar di Indonesia. 

Selain itu, sinyal internet di sepanjang perjalanan mungkin tidak stabil. Pencarian sinyal terus menerus oleh ponsel pintar menguras energi baterai. Jika tidak penting, tunda dulu saja pemakaian internet. Jika perlu kontak dengan teman atau keluarga saat di perjalanan, sms atau bicara langsung dapat menjadi alternatif daripada menggunakan aplikasi ngobrol yang memerlukan data internet.


3. Perhatikan Sinyal Jaringan yang Tersedia
  
Ponsel pintar umumnya menggunakan beberapa jaringan telepon sekaligus yaitu GSM, HSPA dan LTE. Menurut lifewire.com yang dilansir pada (17/10/16), setiap jaringan tersebut memiliki kecepatan unduh dan unggah data yang berbeda-beda. Jaringan GSM memberikan dukungan panggilan suara dan pesan singkat dengan kecepatan 9.6kbit /s. HSPA memberikan kecepatan data 1,8 Mbps sampai 14,4 Mbps. Sementara itu jaringan LTE atau yang dikenal dengan 4G mendukung tayangan video secara langsung dengan kecepatan unduh sampai 299.6Mbps.

Saat di perjalanan, perhatikan jaringan mana yang paling stabil. Caranya dengan melihat tanda huruf di dekat garis sinyal di ponsel, apakah muncul 2G, 3G atau 4G. Jika yang muncul adalah huruf gprs dan edge di jaringan 2G, maka jaringan itulah yang stabil. Menurut Alexander Rusli, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo seperti yang dikutip dari Okezone (6/3/17) jaringan 2G lebih stabil untuk layanan suara dan sms. Maka dari itu, jika hanya membutuhkan layanan suara dan sms, lebih baik pilih jaringan 2G saja pada menu pengaturan mobile network di ponsel pintar.

4. Tidak Langsung Unggah Foto dan Up date Status

Kecenderungan sebagian orang saat berwisata adalah langsung mengunggah foto dan up date status di tempat wisata yang ia datangi. Perlukah melakukan hal itu?
Jika ingin menghemat baterai. Hindari dulu unggah foto dan up date status. Ambil foto pemandangan dan selfie sekadarnya tanpa mengaktifkan data internet. Setelah itu, simpan ponsel pintar, nikmatilah suasana, pemandangan, dan interaksi bersama orang-orang seperjalanan. Optimalkan waktu wisata untuk menyegarkan (refreshing) diri.
Jika sudah berada di tempat yang memberikan jaringan data yang stabil, barulah unggah foto-foto ke media sosial. Sebenarnya tidak masalah juga foto-foto wisata baru diunggah setelah berada di rumah. Selain jaringan data internet lebih baik, keterangan foto yang dapat dituliskan lebih banyak karena kita benar-benar menikmati wisata, bukan sekadar datang untuk jeprat-jepter ambil foto saja.
Jika 4 hal tersebut dilakukan, baterai berkapasitas 2.500 mAh dapat bertahan sampai malam hari. Bahkan jika ponsel hanya digunakan untuk sms dan bicara langsung saja, daya baterai dapat bertahan ratusan jam. Jadi pilihan ada di tangan kita, ingin menikmati perjalanan atau sibuk dengan ponsel di perjalanan. 

Sumber foto freepik

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar