Menulis, Buku, Kehidupan

Selasa, 06 November 2018

10 Keunggulan Tabungan Zaman Now SOBATKU Ini, Mampu Bersaing dengan Tabungan Bank Ternama



Bank zaman old atau konvensional bisa berbangga diri dengan nama besarnya. Terutama bank yang dimiliki atau didukung oleh pemerintah. Namun apabila bank-bank tersebut tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, berinovasi dan melakukan bebagai terobosan, mereka akan kalah. Lembaga keuangan yang merupakan pemain baru yang namanya dikenal masyarakat luas siap bersaing. 

Satu lembaga keuangan yang memberikan inovasi layanan keuangan adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati (SMS). Koperasi ini memiliki produk tabungan yang bernama Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU). Berbagai keunggulan SOBATKU cukup menarik dan bisa bersaing dengan tabungan bank zaman old. 

Berikut 10 kelebihan tabungan SOBATKU dinamdingkan tabungan konvensional. Cocok sekali bagi generasi milenial dan siapa saja yang butuh kemudahan menabung dan bertransaksi. 


1. Tiada setoran awal, cukup unggah dan pasang aplikasi untuk menabung
Tidak perlu datang ke bank, menunjukkan KTP dan mengisi formulir, apalagi menyetor sejumlah dana. Di manapun kita berada selama masih berada di wilayah Indonesia, cari saja aplikasi SOBATKU di Google Play atau App Store. Pasang di ponsel pintar . Daftarkan diri dengan cara mengisi berbagai data yang diperlukan. Tabungan akan segera kita miliki.

2. Nomor Handphone akan menjadi nomor rekening
Pemilik tabungan jarang sekali yang hapal dengan nomor rekening tabungannya. Mereka biasanya mencatat nomor rekening di ponsel, kertas atau melihat dari buku tabungan untuk mengetahui nomor rekening. 
Bagaimana dengan nomor ponsel? Sebagian besar kita hafal nomor ponsel sendiri. Nomor ponsel yang kita daftarkan di aplikasi SOBATKU akan menjadi nomor rekening kita. Transfer dan transaksi jadi mudah karena nomor rekeningnya sudah kita hafal.

3. Tarik dan Setor di Alfamart dan Alfamidi setiap hari sesuai jam buka toko
Menurut data Nielsen Retail Audit  pada Juni 2018 Alfamart memiliki 13.522 gerai dan Alfamidi 1.478 gerai. Tidak ada satu pun bank di Indonesia yang memiliki cabang atau atm tarik-setor sebanyak itu, kan? Hal itu sering menjadi hambatan bagi kita untuk melakukan penarikan dan setor tunai. Apabila kita memiliki rekening SOBATKU, tarik dan setor tunai dapat dilakukan di gerai Alfamart mana saja pada jam buka toko, pukul 07.00 – 22.00 WIB. Syaratnya sistem komputer tersebut sudah on line. Hari Sabtu dan Minggu pun kegiatan tarik dan setor tetap dapat kita lakukan.

4. Gratis, tanpa biaya administrasi dan saldo minimal
Hampir semua rekening tabungan memiliki biaya administrasi bulanan di kisaran Rp5.000 – Rp 20.000 tergantung jenis tabungan. Apabila rekening tabungan pasif, biaya bulanan akan terus memotong saldo hingga tidak bersisa lagi. Beberapa bank akan mematikan rekening secara otomatis apabila tiada transaksi dan saldo lagi.
Tabungan SOBATKU tidak membebankan biaya administrasi kepada pemilik rekening untuk saat ini. Saldo minimalpun tidak ada. Jadi apabila kita baru coba-coba saja membuat rekening SOBATKU, tidak masalah.

5. Gratis transfer antar sesama SOBATKU
Sesama pemilik rekening SOBATKU dapat melakukan transfer dana. Untuk transaksi antar pengguna SOBATKU itu, tiada biaya sama sekali alias gratis! Selain itu transaksi bisa dijadwalkan sesuai  dengan waktu yang kita atur. Jadi apabila kita janji meminjam uang dan mengembalikannya via SOBATKU, bisa diatur waktu pengembaliannya.

6. Murah biaya transfer antar bank
Pada umumnya bank mengenakan biaya transfer antar bank sekitar Rp5.000 sampai Rp7.500. Sobatku hanya mengenakan biaya Rp4.000 saja untuk transfer antarbank. Murah banget, kan. Jadi kita bisa setor di Alfamart atau Alfamidi saja kemudian transfer ke rekening bank lain. Tidak peru cari atm atau langsung ke bank.

7. Saldo bisa dipakai berbelanja
Suka belanja online? Saldo SOBATKU dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan atau pembayaran marketplace yang bisa dilakukan di Alfamart seperti Bukalapak, Elevenia, Tokopedia, Lazada, Zalora, dan banyak lagi. Datang saja ke Alfamart, katakan kepada kasir ingin melakukan pembayaran, kemudian bayar dengan saldo SOBATKU.  

8. Tambal saldo (top up) Go Pay untuk driver dan customer
Apabila kita sering bertransaksi dengan aplikasi Gojek, pasti harus sering menambah saldo Go Pay. Sebelnya saat ingin top up melalui abang Gojek, saldo yang tersedia di aplikasinya nggak cukup. Nah, top up saldo Gopay bis amenggunakan saldo SOBATKU saja. Selain customer, abang dan mbak driver juga bisa melakukan hal yang sama. Memudahkan sekali, kan?

9. Berkesempatan menang hadiah uang dan umroh
Setelah kita mengunduh, memasang dan melakukan pendaftaran SOBATKU, otomatis mendapat 10 poin. Memasukkan data lebih lanjut berupa foto KTP, nomor KTP dan alamat domisili, akan menghasilkan 10 poin lagi. Tambah terus saldo setiap hari. Pada akhir bulan akan dilakukan perhitungan poin saldo. Semakin tinggi saldo rata-rata harian, semakin banyak pula poin yang dikumpulkan.


10. Aman dan terjamin
Setiap transaksi keuangan melalui aplikasi SOBATKU menggunakan kode OTP yang dikirim melalui sms. Satu kode OTP untuk satu kali transaksi. Hanya pengguna dengan nomor ponsel yang didaftarkan saja bisa melakukan transaksi. Selain itu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan Bank Sampoerna dalam hal transaksi keuangan, termasuk pengelolaan SOBATKU.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi seluruh kegiatan jasa keuangan di Indonesia juga pernah memberikan penghargaan kepada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati. Penghargaan itu diperoleh karena perannya sebagai sebagai Kontributor Pelaporan Data Debitur Melalui SLIK (Sistim Layanan Informasi Keuangan) pada 27 April 2017. KSP SMS adalah satu-satunya koperasi yang berperan sebagai kontributor pelaporan sistim SLIK yang menggantikan sistim SID BI pada akhir tahun 2017 lalu.  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar