Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Lomba Menulis Esai Kedubes Georgia


Negara Georgia mungkin masih terasa asing di telinga kita, orang Indonesia. Mungkin wajar, karena perwakilan resmi pertama Georgia untuk kawasan Asia Tenggara baru dibuka pada 2012 silam di Jakarta.

Georgia pada 1990-1995 dikenal sebagai Republik Georgia. Negara ini dulunya merupakan salah satu wilayah Uni Soviet. Di bagian utara, Georgia berbatasan dengan Rusia di sebelah utaraTurki di sebelah barat dayaArmenia di sebelah selatan, dan Azerbaijan di sebelah timur

Beberapa keunikan Georgia antara lain tradisi pembuatan wine sejak 8000 tahun lalu. Metode pembuatan wine Georgia yaitu metode Kvevri telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Alam Georgia juga unik kaerna merupakan pegunungan yang berada di perbatasan Eropa dan Asia (Eurasia). Lokasi geografisnya itu menjadikan Georgia memiliki kebudayaan yang istimewa.

Temukan keunikan Georgia lainnya untuk lomba esai yang diadakan yang diadakan, Leavco Language Centre untuk pelajar SMA, mahasiswa S1 dan masyarakat umum. Lpmba menulis esai ini bertema "The World of Georgia". Dengan subtema:
1. Menjelajahi Keunikan Georgia: Sejarah, Bahasa dan Budaya.
2. Hubungan Indonesia-Georgia: Tren Kerjasama Ekonomi di Masa Depan.
3. Georgia dan Perannya di Eurasia.

Ketentuan Lomba Menulis Esai

1. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, huruf Arial 12, margin kiri-kanan-atas bawah 4-3-3-3 cm, spasi 1,5.
2. Gaya bahasa populer, sistematis dan mudah dimengerti khalayak umum.  Ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Tulisan 4-5 halaman tidak termasuk lampiran, daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM (tidak wajib untuk kategori pelajar SMA), dan halaman pernyataan keaslian tulisan.
4. Penulisan nomor halaman menggunakan angka Arab 1,2,3 dan seterusnya di sudut kanan bawah. Urutan penulisan: Isi esai, lampiran/data pendukung (jika ada), daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM dan pernyataan keaslian tulisan dalam satu file pdf.
5. Naskah dikirim ke mwpgeorgia2015@leavco.com. Naskah diterima paling lambat tanggal 14 Oktober 2015, pukul 23.59 WIB dalam format pdf.
6. Naskah yang masuk menjadi milik panitia, hak cipta tetap ada pada pengarang.
Panita tidak bertanggungjawab atas klaim pihak ketiga atas naskah yang dikirimkan.

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Esai

1. Melakukan “like and share” halaman facebook (https://web.facebook.com/leavco) dan follow twitter (https://twitter.com/theleavco) atau instagram (leavco_id) Leavco Language Centre.
2. Peserta yang telah mengirimkan esai wajib konfirmasi melalui sms ke nomor 085811264236 dengan format nama lengkap_kategori peserta_judul esai_asal sekolah/universitas/umum.
3. Peserta adalah individu dan diperbolehkan mengirim maksimal 2 esai. Penjurian akan dilakukan oleh tiga orang juri dari perwakilan Kedutaan Besar Georgia di Jakarta dan perwakilan Leavco Language Centre. Keputusan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Kriteria penilaian mencakup: orisinalitas ide tulisan, gaya bahasa dan sistematika penulisan. Lomba bersifat gratis.

Hadiah Lomba Menulis Esai


Tiga (3) orang pemenang kategori pelajar SMA dan Tujuh (7) orang pemenang kategori mahasiswa/umum mendapatkan koleksi souvenir asli dari Georgia dan undangan eksklusif makan malam bersama Duta Besar Republik Georgia, Y.M Zurab Aleksidze di Kedutaan Besar Republik Georgia – Jakarta dalam acara penyerahan hadiah tanggal 7 November 2015. Akomodasi & transportasi dari dan ke Kedutaan Besar Republik Georgia di Jakarta ditanggung pemenang. Hadiah souvenir akan dikirimkan melalui pos apabila pemenang tidak menghadiri acara penyerahan hadiah di Jakarta.

Informasi lengkap dan panduan penulisan di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Hoarding Disorder, Penimbunan Buku dalam Novel Buku Ini Tidak Dijual

Buku Ini Tidak Dijual. Mungkin kalimat itulah yang diucapkan oleh seorang pecinta buku. Ia mengoleksi buku-bukunya bertahun-tahun. Apa jadinya jika perilaku mengoleksi itu berubah menjadi penimbunan ( hoarding )? Apa yang terjadi jika buku-buku itu dijual tanpa sepengetahuan sang penimbun buku?  Dua Pria Pengumpul Buku Brian Clenshaw seorang pria Inggris, mantan salesman . Di usianya yang sudah lewat setengah abad, ia senang mengumpulkan buku, koran, majalah, cakram DVD, koin, dan prangko. Benda-benda itu berdesakan, sampai menggunung di ruang apartemen tempat tinggalnya. Benda-benda yang dikumpulkan Brian itu berbahan kertas yang mudah terbakar sehingga membahayakan lingkungan apartemennya. Akibatnya, Brian diusir dan digugat secara hukum oleh pemilik apartemen.  Brian Clenshaw di antara timbunan buku, koran, dan majalahnya Mirip dengan Brian, Padi juga memiliki banyak koleksi buku. Ia rajin membeli buku dan menyimpannya, bahkan buku-buku pelajaran sekolah juga