Menulis, Buku, Kehidupan

Selasa, 22 September 2015

Lomba Menulis Esai Kedubes Georgia


Negara Georgia mungkin masih terasa asing di telinga kita, orang Indonesia. Mungkin wajar, karena perwakilan resmi pertama Georgia untuk kawasan Asia Tenggara baru dibuka pada 2012 silam di Jakarta.

Georgia pada 1990-1995 dikenal sebagai Republik Georgia. Negara ini dulunya merupakan salah satu wilayah Uni Soviet. Di bagian utara, Georgia berbatasan dengan Rusia di sebelah utaraTurki di sebelah barat dayaArmenia di sebelah selatan, dan Azerbaijan di sebelah timur

Beberapa keunikan Georgia antara lain tradisi pembuatan wine sejak 8000 tahun lalu. Metode pembuatan wine Georgia yaitu metode Kvevri telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Alam Georgia juga unik kaerna merupakan pegunungan yang berada di perbatasan Eropa dan Asia (Eurasia). Lokasi geografisnya itu menjadikan Georgia memiliki kebudayaan yang istimewa.

Temukan keunikan Georgia lainnya untuk lomba esai yang diadakan yang diadakan, Leavco Language Centre untuk pelajar SMA, mahasiswa S1 dan masyarakat umum. Lpmba menulis esai ini bertema "The World of Georgia". Dengan subtema:
1. Menjelajahi Keunikan Georgia: Sejarah, Bahasa dan Budaya.
2. Hubungan Indonesia-Georgia: Tren Kerjasama Ekonomi di Masa Depan.
3. Georgia dan Perannya di Eurasia.

Ketentuan Lomba Menulis Esai

1. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, huruf Arial 12, margin kiri-kanan-atas bawah 4-3-3-3 cm, spasi 1,5.
2. Gaya bahasa populer, sistematis dan mudah dimengerti khalayak umum.  Ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Tulisan 4-5 halaman tidak termasuk lampiran, daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM (tidak wajib untuk kategori pelajar SMA), dan halaman pernyataan keaslian tulisan.
4. Penulisan nomor halaman menggunakan angka Arab 1,2,3 dan seterusnya di sudut kanan bawah. Urutan penulisan: Isi esai, lampiran/data pendukung (jika ada), daftar pustaka/sumber referensi, biografi peserta, scan/foto KTP atau KTM dan pernyataan keaslian tulisan dalam satu file pdf.
5. Naskah dikirim ke mwpgeorgia2015@leavco.com. Naskah diterima paling lambat tanggal 14 Oktober 2015, pukul 23.59 WIB dalam format pdf.
6. Naskah yang masuk menjadi milik panitia, hak cipta tetap ada pada pengarang.
Panita tidak bertanggungjawab atas klaim pihak ketiga atas naskah yang dikirimkan.

Persyaratan Peserta Lomba Menulis Esai

1. Melakukan “like and share” halaman facebook (https://web.facebook.com/leavco) dan follow twitter (https://twitter.com/theleavco) atau instagram (leavco_id) Leavco Language Centre.
2. Peserta yang telah mengirimkan esai wajib konfirmasi melalui sms ke nomor 085811264236 dengan format nama lengkap_kategori peserta_judul esai_asal sekolah/universitas/umum.
3. Peserta adalah individu dan diperbolehkan mengirim maksimal 2 esai. Penjurian akan dilakukan oleh tiga orang juri dari perwakilan Kedutaan Besar Georgia di Jakarta dan perwakilan Leavco Language Centre. Keputusan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Kriteria penilaian mencakup: orisinalitas ide tulisan, gaya bahasa dan sistematika penulisan. Lomba bersifat gratis.

Hadiah Lomba Menulis Esai


Tiga (3) orang pemenang kategori pelajar SMA dan Tujuh (7) orang pemenang kategori mahasiswa/umum mendapatkan koleksi souvenir asli dari Georgia dan undangan eksklusif makan malam bersama Duta Besar Republik Georgia, Y.M Zurab Aleksidze di Kedutaan Besar Republik Georgia – Jakarta dalam acara penyerahan hadiah tanggal 7 November 2015. Akomodasi & transportasi dari dan ke Kedutaan Besar Republik Georgia di Jakarta ditanggung pemenang. Hadiah souvenir akan dikirimkan melalui pos apabila pemenang tidak menghadiri acara penyerahan hadiah di Jakarta.

Informasi lengkap dan panduan penulisan di sini
Comments
1 Comments

1 komentar: