Menulis, Buku, Kehidupan

Senin, 17 Agustus 2015

Lomba Menulis Novel DEWASA yang SWEET & SPICY


Satu penerbit baru bernama Twigora kembali menantang para penulis untuk mengirimkan naskah novelnya. Hanya saja, tema novel romance dengan sasaran pembaca dewasa yang cukup spesifik. Berikut ini persyaratan lengkapnya.

Ketentuan Lomba:
1. Genre utama lomba ini adalah romance, dengan target pembaca adalah wanita dewasa 25-35 tahun.
2. Naskah tidak boleh mengandung SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).
3. Naskah harus asli karya peserta. Bukan fanfiction (fiksi penggemar), juga bukan saduran dari buku maupun karya penulis lain.
4. Kamu bisa memilih dua kategori naskah romance, SWEET atau SPICY.

SWEET: Tema cerita bisa bervariasi, dari ringan ke sangat emosional. Benang merah naskah SWEET adalah kompleksitas plot dibalut dengan emosi, kedalaman karakter, dan kemampuan penulis untuk membuat pembaca simpatik dengan konflik yang dihadapi tokoh utama.
Contoh penulis SWEET ROMANCE: Kristan Higgins, Susan Mallery, Beth Ciotta, Lisa Kleypas, Debbie Macomber, dan Susan Andersen.





SPICY: Tema cerita bisa bervariasi dengan para karakter utama berlatar belakang perkotaan. Benang merah naskah SPICY adalah kompleksitas plot dibalut dengan ambience seksi dan humor, karakter-karakter yang witty dan berpikiran modern, dan kemampuan penulis untuk menggiring pembaca terus bersemangat hingga ke akhir bahagia.
Contoh penulis SPICY ROMANCE: Susan Elizabeth Phillips, Lori Foster, Carly Phillips, Suzanne Macpherson, dan Julie James.




5. Tidak ada batasan umur peserta.
6. Naskah juga bisa dikerjakan dua orang atau lebih peserta.
7. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya asal tidak dalam satu e-mail.
8. Karya yang diikutkan dalam lomba SWEET AND SPICY belum pernah dikirim ke penerbit manapun, juga tidak sedang diikutkan dalam kompetisi manapun. Dan selama SWEET AND SPICY berlangsung, peserta dilarang mengirim karya yang diikutkan lomba ke penerbit manapun, juga dilarang mengirim naskah serupa ke kompetisi manapun.
9. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang naskah 100-150 halaman, diketik dengan format kertas A4 (margin by default), Calibri 11, spasi 1,5. Sertakan sinopsis (maksimal 2 halaman), dan biodata singkat penulis:
Nama Lengkap:
Nama Pena (optional):
Tempat & Tanggal Lahir:
Alamat:
E-mail:
Nomor Telepon:
Akun Twitter:
10. Naskah, sinopsis, dan biodata merupakan tiga file Word terpisah, dikirim dalam bentuk attachment (bukan compressed file .zip/.rar) ke twigora@gmail.com, dengan subjek e-mail SWEET/SPICY_NAMA_JUDUL NASKAH. Contoh: SPICY_CHRISTIAN SIMAMORA_MARRY NOW, SORRY LATER.
11. Setelah mengirimkan naskahnya, jangan lupa tweet “Aku ikutan kompetisi menulis #SWEETANDSPICYROMANCE @TWIGORA lho! www.twigora.com/sweetspicy/” Jangan lupa follow @TWIGORA ya!
12. Naskah ditunggu paling lambat 31 Desember 2015.
13. Dua puluh besar yang terpilih wajib mengirimkan naskahnya dalam bentuk hard copy sebanyak 3 (tiga) eksemplar ke alamat redaksi Twigora. Naskah ini akan dibaca oleh para juri dan hasil keputusannya diumumkan pada tanggal 1 Maret 2016.
14. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Para peserta SWEET AND SPICY berkesempatan untuk memenangi hadiah sebagai berikut:
Juara I  : Rp 6.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora
Juara II   : Rp 4.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora
Juara III : Rp 2.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora

*) hadiah belum termasuk royalti ketika naskah diterbitkan.

Rekomendasi
Peserta dapat menerjemahkan sendiri makna SWEET atau SPICY yang dimaksud dalam lomba ini. Penerbit mengacu kepada novel yang diterbitkan oleh Harlequin. Bagi pembaca novel Harlequin versi Inggris, mungkin tahu bahwa Harlequin mempunyai banyak seri dengan kadar muatan konten dewasa yang berbeda-beda. Lomba ini tidak bermaksud menjaring novel dengan konten dewasa itu, namun ditujukan kepada pembaca yang biasa membaca novel-novel Harlequin itu. 

SWEET menurut saya mengisahkan percintaan perempuan-perempuan rumahan, tinggal di kota kecil atau pedesaan dengan segala permasalahannya.SPICY menuturkan tokoh-tokoh perempuan yang berani, suka tantangan, dan hidup di kota-kota besar dengan segala modernitas dan gemerlapnya. Perlu atau tidaknya menyisipkan konten dewasa, silakan penulis memutuskan sendiri. Semoga catatan rekomendasi ini sedikit membantu.  

Comments
3 Comments

3 komentar: