Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

Mengingat Kembali Jawaban Pertanyaan Mengapa Ingin Memiliki Anak

Ada satu pertanyaan sederhana, namun tidak semua pasangan menikah dapat menjawabnya. Pertanyaan itu adalah, “mengapa ingin memiliki anak?” Bagi pasangan yang bertahun-tahun menikah namun belum juga dikaruniai anak, pertanyaan itu akan dijawab dengan lancar. Mereka sudah melewati ribuan hari tanpa tangis bayi, tiada canda tawa dengan anak-anak. Mereka menemukan banyak sekali alasan sehingga ingin sekali memiliki anak. Untuk pasangan yang sangat mudah dititipi anak oleh-Nya, pertanyaan mengapa ingin memiliki anak, bisa jadi terbersit pun tidak. Anak seolah hadir begitu saja. Baru saja menikah, beberapa bulan kemudian istri hamil. Setahun kemudian pasangan suami istri telah menjadi orang tua. Beberapa tahun kemudian, anak kedua, ketiga dan seterusnya lahir. Jawaban-jawaban berikut ini mungkin menjadi jawaban sekian orang tua saat mendapat pertanyaan tersebut: Saya ingin menciptakan kembali masa kecil yang indah Ngg…Semacam investasi untuk hari nanti Sebab saya percaya, kita akan m

Lomba Menulis Novel DEWASA yang SWEET & SPICY


Satu penerbit baru bernama Twigora kembali menantang para penulis untuk mengirimkan naskah novelnya. Hanya saja, tema novel romance dengan sasaran pembaca dewasa yang cukup spesifik. Berikut ini persyaratan lengkapnya.

Ketentuan Lomba:
1. Genre utama lomba ini adalah romance, dengan target pembaca adalah wanita dewasa 25-35 tahun.
2. Naskah tidak boleh mengandung SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).
3. Naskah harus asli karya peserta. Bukan fanfiction (fiksi penggemar), juga bukan saduran dari buku maupun karya penulis lain.
4. Kamu bisa memilih dua kategori naskah romance, SWEET atau SPICY.

SWEET: Tema cerita bisa bervariasi, dari ringan ke sangat emosional. Benang merah naskah SWEET adalah kompleksitas plot dibalut dengan emosi, kedalaman karakter, dan kemampuan penulis untuk membuat pembaca simpatik dengan konflik yang dihadapi tokoh utama.
Contoh penulis SWEET ROMANCE: Kristan Higgins, Susan Mallery, Beth Ciotta, Lisa Kleypas, Debbie Macomber, dan Susan Andersen.





SPICY: Tema cerita bisa bervariasi dengan para karakter utama berlatar belakang perkotaan. Benang merah naskah SPICY adalah kompleksitas plot dibalut dengan ambience seksi dan humor, karakter-karakter yang witty dan berpikiran modern, dan kemampuan penulis untuk menggiring pembaca terus bersemangat hingga ke akhir bahagia.
Contoh penulis SPICY ROMANCE: Susan Elizabeth Phillips, Lori Foster, Carly Phillips, Suzanne Macpherson, dan Julie James.




5. Tidak ada batasan umur peserta.
6. Naskah juga bisa dikerjakan dua orang atau lebih peserta.
7. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya asal tidak dalam satu e-mail.
8. Karya yang diikutkan dalam lomba SWEET AND SPICY belum pernah dikirim ke penerbit manapun, juga tidak sedang diikutkan dalam kompetisi manapun. Dan selama SWEET AND SPICY berlangsung, peserta dilarang mengirim karya yang diikutkan lomba ke penerbit manapun, juga dilarang mengirim naskah serupa ke kompetisi manapun.
9. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang naskah 100-150 halaman, diketik dengan format kertas A4 (margin by default), Calibri 11, spasi 1,5. Sertakan sinopsis (maksimal 2 halaman), dan biodata singkat penulis:
Nama Lengkap:
Nama Pena (optional):
Tempat & Tanggal Lahir:
Alamat:
E-mail:
Nomor Telepon:
Akun Twitter:
10. Naskah, sinopsis, dan biodata merupakan tiga file Word terpisah, dikirim dalam bentuk attachment (bukan compressed file .zip/.rar) ke twigora@gmail.com, dengan subjek e-mail SWEET/SPICY_NAMA_JUDUL NASKAH. Contoh: SPICY_CHRISTIAN SIMAMORA_MARRY NOW, SORRY LATER.
11. Setelah mengirimkan naskahnya, jangan lupa tweet “Aku ikutan kompetisi menulis #SWEETANDSPICYROMANCE @TWIGORA lho! www.twigora.com/sweetspicy/” Jangan lupa follow @TWIGORA ya!
12. Naskah ditunggu paling lambat 31 Desember 2015.
13. Dua puluh besar yang terpilih wajib mengirimkan naskahnya dalam bentuk hard copy sebanyak 3 (tiga) eksemplar ke alamat redaksi Twigora. Naskah ini akan dibaca oleh para juri dan hasil keputusannya diumumkan pada tanggal 1 Maret 2016.
14. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Para peserta SWEET AND SPICY berkesempatan untuk memenangi hadiah sebagai berikut:
Juara I  : Rp 6.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora
Juara II   : Rp 4.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora
Juara III : Rp 2.000.000 + kontrak penerbitan + merchandise Twigora

*) hadiah belum termasuk royalti ketika naskah diterbitkan.

Rekomendasi
Peserta dapat menerjemahkan sendiri makna SWEET atau SPICY yang dimaksud dalam lomba ini. Penerbit mengacu kepada novel yang diterbitkan oleh Harlequin. Bagi pembaca novel Harlequin versi Inggris, mungkin tahu bahwa Harlequin mempunyai banyak seri dengan kadar muatan konten dewasa yang berbeda-beda. Lomba ini tidak bermaksud menjaring novel dengan konten dewasa itu, namun ditujukan kepada pembaca yang biasa membaca novel-novel Harlequin itu. 

SWEET menurut saya mengisahkan percintaan perempuan-perempuan rumahan, tinggal di kota kecil atau pedesaan dengan segala permasalahannya.SPICY menuturkan tokoh-tokoh perempuan yang berani, suka tantangan, dan hidup di kota-kota besar dengan segala modernitas dan gemerlapnya. Perlu atau tidaknya menyisipkan konten dewasa, silakan penulis memutuskan sendiri. Semoga catatan rekomendasi ini sedikit membantu.  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Tali Pusar Dibakar, Inilah yang Terjadi pada Jin yang Bersemayam di Dalamnya

Berbagai reaksi dapat terjadi atas aksi pembakaran tali pusar yang direkomendasikan Muhammad Taufik. Sebagaimana yang saya beritakan sebelumnya,  praktisi Seni Menerapi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Al Qur'an di Fatih Learning & Consultancy itu merekomendasikan tali pusar yang sudah lama disimpan agar dibakar. Tanpa sadar, tali pusar telah menjadi jimat dan tempat tinggal tinggal jin. Mengapa Tali Pusar yang Sudah Lama Dibakar? Proses pembakaran merupakan cara cepat untuk menghancurkan tali pusar yang sudah terlanjur disimpan. Jika tali pusar anak langsung ditanam begitu ia lahir, bertahun-tahun kemudian pusar  sudah tidak ada lagi atau hancur. Jika tali pusar sempat disimpan lalu hilang, taubat merupakan jalan untuk melepaskan pengaruh tali pusar yang tanpa sadar menjadi jimat itu. Taufik menyarankan agar dibacakan ayat kursi sebelum dibakar. “Sebenarnya nggak harus ayat kursi yang dibaca. Bisa ayat lainnya atau cukup bismillah lalu tiup. Tujuannya agar jin yang

Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kemendikbud 2016

LOMBA PENYUSUNAN CERITA RAKYAT Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan 4 lomba untuk konten (isi) laman Anggun Pendidikan Anak Usia Dini yaitu http://www.anggunpaud.kemdikbud.go.id atau  http://www.paud.kemdikbud.go.id . Salah satu lomba tersebut adalah Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Tema Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Kali ini Lomba Konten Anggun PAUD adalah “Penumbuhan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini” Ketentuan Lomba Penyusunan Cerita Rakyat Cerita rakyat fokus pada pengembangan Nilai Agama dan Moral dan Bahasa. Sasaran pengguna cerita rakyat adalah Guru PAUD, Pengelola PAUD. Cerita rakyat dapat berbentuk; (1)   Fable (cerita binatang) (2)   Legenda (asal-usul terjadinya suatu tempat) (3)   Sage (unsur sebuah sejarah) (4)   Epos (kepahlawanan) (5)   Cerita jenaka. Cerita disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Panjang naskah berada pada kisaran 400 – 600 kata

Contoh Surat Keterangan Siswa dengan NISN

Lomba menulis untuk siswa SD, SMP atau SMA seringkali mensyaratkan surat keterangan dari kepala sekolah, lengkap dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Surat ini untuk menguatkan status siswa di satu sekolah sekaligus sebagai upaya menyadarkan pihak sekolah bahwa ada siswanya yang ingin mengikuti suatu lomba.  Surat Keterangan Siswa Siswa cukup menyampaikan permintaan surat keterangan siswa kepada guru, wali kelas, atau wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Surat keterangan siswa dibuat oleh bagian administrasi sekolah, ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap. Berikut ini merupakan contoh surat keterangan siswa yang belum ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap.    Contoh surat keterangan siswa yang belum dibubuhi cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah Nomor Induk Siswa Nasional Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor identitas unik yang diberikan secara acak kepada setiap siswa di Indonesia oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP),