Menulis, Buku, Kehidupan

Selasa, 05 Mei 2015

Contoh Surat Pernyataan Keaslian Naskah

Di era internet saat ini, sangat mudah menyalin (copy-paste) tulisan orang lain. Maka dari itu panitia lomba sering mensyaratkan surat pernyataan keaslian naskah. Jika surat itu sudah dibuat penulis, panitia lomba dapat menuntut secara hukum jika suatu hari penulis terbukti menjiplak karya orang lain. 

Surat Pernyataan Keaslian Naskah


Surat pernyataan keaslian naskah sangat sederhana seperti yang diilustrasikan pada gambar berikut. 


Surat harus disertai dengan materai sebagai tanda pajak dokumen. Surat yang dibubuhi materai dapat digunakan sebagai alat bukti dipengadilan. Surat yang belum dibubuhi materai tetap bisa digunakan sebagai alat bukti, namun tetap harus dibubuhi materai terlebih dahulu. 
Berikut terlampir contoh surat pernyataan keaslian naskah. Kamu bisa mengunduhnya dan mengganti data-data yang menggunakan font warna merah dengan data-datamu. Setelah menuliskan datamu, templekan materai terbitan terbaru yang meulai berlaku sejak tahun 2014. Timpa dengan tanda tanganmu. Selanjutnya isi tanggal pembuatan surat yang sudah ada kolom isian berupa TGL.... dan 20... Lampirkan surat pernyataan keaslian naskah bersama naskah lomba, kemudian kirimkan kepada panitia. Semoga naskahmu terpilih sebagai pemenang. 


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar