Menulis, Buku, Kehidupan

Kamis, 17 Agustus 2017

Hati-hati Tertipu, 5 Hal Ini Harus Dicermati dari Promosi Hari Kemerdekaan

Momen hari kemerdekaan Indonesia dimanfaatkan pengelola produk dan jasa untuk meningkatkan penjualan. Mereka memberikan diskon, paket hemat, dan lainnya menggunakan angka yang berkaitan dengan 17 Agustus.

Rugikah mereka? Tentu tidak! Promosi hari kemerdekaan dirancang sedemikian rupa untuk meraup untung lebih besar daripada hari biasa. Agar tidak menyesal dan kesal dengan promosi kemerdekaan RI, cermatlah dengan hal-hal berikut ini.

1. Cermati bahasa promosi


Bahasa promosi menggunakan angka dan kata yang menarik perhatian konsumen. Jika tidak cermat, bisa saja konsumen salah baca. Misalnya promo tiket nonton berikut.
Diolah dari sumber katalogpromosi.com
Jika hanya membaca sepintas, konsumen dapat menyangka diskon 72% untuk pembelian tiket. Padahal 72% yang dimaksud adalah jumlah yang harus dibayarkan oleh konsumen saat membeli tiket. Jadi diskonnya hanya 28% Itupun untuk pembelian 2 tiket nonton.  

2. Cermati syarat dan ketentuan yang berlaku            

Promosi mungkin terbatas pada beberapa produk dan jasa saja. Selain itu, jumlah pembelian pun bisa jadi dibatasi dan ada minimal transaksi yang harus dilakukan dahulu. Cermati dahulu syarat dan ketentuan promosi sebelum membeli.
Diolah dari sumber giladiskon.com
Promosi makan durian di atas contohnya. Konsumen hanya dapat membeli durian seharga Rp17.845 jika sudah melakukan pembelanjaan senilai Rp 800.000, hanya untuk anggota, dan terbatas pada 72 konsumen dan beberapa syarat lainnya.   

Sayangnya, syarat dan ketentuan terkadang disematkan dengan ukuran huruf yang kecil sehingga sulit terbaca. Sebagian materi promosi malah tidak menyertakan syarat dan ketentuan sama sekali, sehingga harus ditanyakan langsung kepada layanan konsumen atau pegawai saat berada di lokasi penjualan produk dan jasa.   

3. Cermati harga, apakah sudah termasuk pajak

Produk dan jasa di hari merdeka ditawarkan dengan angka cantik Rp17.845 misalnya. Namun cermati, apakah sudah termasuk pajak ? Jika belum maka harus ditambahkan 10% dari harga yang ditawarkan.
Diolah dari sumber katalogpromosi.com
Dikutip dari finance.detik.com (15/4/2010), makanan yang dijual di restoran  dikenakan pajak pembangunan (PB1) sebesar 10% yang dipungut oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Jadi jika harga yang ditawarkan Rp17.845 ditambah panjak 10% menjadi Rp 19.630.

4. Cermati jangka waktu promosi


Promosi biasanya berbatas waktu. Batas waktu dapat berupa hari juga jam. Promosi hari kemerdekaan dapat berlangsung hanya 1 hari saja pada 17 Agustus, atau sampai beberapa hari setelahnya.
Diolah dari sumber katalogpromosi.com
Jika konsumen membeli di luar batas waktu, bisa dipastikan harga yang diterapkan normal kembali. Jangan sampai kamu kecewa, tidak jadi membeli hanya karena tidak mencermati batas waktu promosi.

5. Cermati kebutuhan atau keinginan

Dari sekian promosi yang ditawarkan, pilah dan pilih yang benar-benar kamu butuhkan. Cermat dan bijaklah dalam membeli. Promosi kemerdekaan RI berlangsung pada tengah bulan. Bagi karyawan yang gajian akhir atau awal bulan, harus memperhitungkan tepat tidaknya belanja gila-gilaan pada tengah bulan.
Sumber yourbizsuccesscoach.com

Bedakan kebutuhan dan keinginan saat berbelanja. Kebutuhan tidak bisa ditunda. Apalagi jika kebutuhan primer. Keinginan bisa ditangguhkan dahulu, sampai dana yang dimiliki benar-benar lebih. 
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Jeli banget mas Koko ... Keren. Makasih ya, berguna banget nih. Biar ga mudah tergiur harga diskonan hahehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman beberapa kali 'tertipu' ^_^

      Hapus