Menulis, Buku, Kehidupan

Jumat, 02 Desember 2016

Pemuatan Foto Habiburrahman El-Shirazy di Gambar Donatur Aksi Bela Islam ke Arah Makar


Pada 2 Desember 2016, bersamaan dengan aksi Super Damai Bela Islam Jilid 3, beredar gambar berjudul Donatur Aksi Bela Islam ke Arah Makar di media sosial. Foto dan nama Habiburrahman El-Shirazy, penulis novel Ayat-ayat Cinta termuat di dalamnya. Ada kata ACTA di bawah nama Habiburahman.   

Para Aktivis yang Dimuat Fotonya


Foto Habiburrahman El-Shirazy dimuat bersama foto beberapa aktivis yang dibawa Polri ke Mako Brimob jelang aksi Super Damai Bela Islam Jilid 3 untuk pemeriksaan. Aktivis-aktivis yang diberitakan dibawa Polri dan fotonya termuat pada gambar itu adalah itu adalah Sri Bintang Pamungkas, Ratna Sarumpaet, Kivlan Zein, Adtyawarman Thaha, Rachmawati Soekarno Putri dan Ahmad Dani.

Terdapat tanda panah yang seolah menginformasikan pemberi dan penerima dana untuk Aksi Bela Islam ke Arah Makar. Foto Habiburrahman El-Shirazy berdampingan dengan foto Egi Sujana dengan keterangan Gerakan Oposisi Nasional (Gonas) dan Ahmad Dani dari Aliansi Masyarakat Jakarta Selatan. Ketiganya ditandai garis panah putus-putus yang berasal dari foto Ratna Sarumpaet dari Gerakan Solidaritas Indonesia.

Foto Ratna Sarumpaet sendiri ditandai dengan panah dari Firza Husein dari Ketua Yayasan Solidaritas Cendana. Firza Husein ditandai panah dari Tommy Soeharto. Sebagian orang yang membaca gambar tersebut dapat menafsirkan Tommy Soeharto sebagai donatur aksi Aksi Bela Islam ke Arah Makar.

Klarifikasi Habiburrahman El-Shirazy             

Sebagian sahabat Habiburrahman El-Shirazy yang mengetahui pemuatan foto penulis novel Ayat-ayat Cinta itu tidak percaya dan menyatakan gambar itu sebagai fitnah besar. Salah satunya adalah penulis Afifah Afra melalui aku Twitter-nya. “Gambar ini memasang foto kang @h_elshirazy ini fitnah besar dan 100% ngawur cc @helvy @asmanadia @FLPoke.” Tulisnya di akun @afifahafra79

Melalui akun Twitter-nya juga Habiburrahman El-Shirazy membantah “Ada yg ngawur, pasang foto sy. Padahal yg sama Ratna Sarumpaet itu Habiburrokhman pengacara. Bukan saya. Ini bisa memfitnah saya," tulisnya di akun @h_elshirazy pada jam 9:54 WIB.

Cuitan Kang Abik itu segera ditanggapi akun twitter lainnya dengan retweet dan jawaban. Salah satunya oleh akun @syukronamin: ini kesalahan; seharusnya yg terpasang itu foto @habiburokhman advokat. Bukan @h_elshirazy novelis. Beberapa akun Twitter lainnya malah menyarankan Kang Abik untuk melaporkan si pembuat gambar dengan pasal Undang_Undang ITE.

Mengenai hal ini, belum ada klarifikasi dari akun Habiburokhman. Tweet terakhir Habiburokhman saat saya membuat tulisan ini tertanggal 1 Desember 2016 yaitu, “Hok, kapan ente terjun dari Monas, jangan belaga lupa soal klaim KTP bodong” Belum diketahui juga siapa pembuat dan penyebar pertama gambar Donatur Aksi Bela Islam ke Arah Makar itu.   


BACA JUGA: Fitnah Makar karena kesamaan nama dengan Abdurokhman   



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar