Menulis, Buku, Kehidupan

Jumat, 10 Juli 2015

Pengalaman NgUBER Suatu Malam


Saya mengetahui Uber dari satu portal berita dunia maya: Uber digugat sejumlah pengusaha taksi. Saya penasaran, lalu mencari informasi Uber via Google. Hasilnya, cenderung berita negatif yang muncul. Maka dari itu, saat ada buka puasa bersama Uber dan idGeekGirls di Bober Tropica, Bandung 2 Juli 2016 lalu, saya sempatkan datang. Apakah benar Uber seperti yang dikabarkan portal berita dunia maya?  

Uber Bukan Taksi

Uber dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya mengejar-ngejar. Karena makna Uber dalam bahasa Indonesia itulah, saya sempat menduga Uber adalah perusahaan jasa transportasi yang mengejar penumpang. Sedangkan Uber yang mengacu pada Uber Apps, berasal dari bahasa Jerman yang bermakna super. Hal itu ditegaskan oleh Cyntia, salah satu staf Uber Bandung.

Penjelasan dari Cyntia, Staf Uber Bandung (2)
Jadi sejatinya Uber adalah aplikasi yang menghubungkan penumpang dan jasa sewa mobil (rental car). Uber bisa digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android, Apple, dan Windows. Pada saat bukber, saya langsung mencoba mengunduh aplikasi Uber. Ternyata aplikasi Uber tersebut sudah terintegrasi dengan layanan Google Map. Maka dari itu, fitur lokasi via GPS di ponsel kita harus aktif saat menggunakan aplikasi Uber. 

Uber telah hadir di 57 negara sebelum masuk ke Indonesia. Di Bandung, Uber resmi memberikan layanannya sejak 1 Juni 2015 setelah beberapa bulan sebelumnya, Uber sudah malayani area Jakarta. Uber bekerja sama dengan perusahaan penyewaan mobil yang berlisensi, jadi mobil dan sopir berasal dari perusahaan rental car, bukan milik Uber. Namun uniknya, Uber tetap mengasuransikan paling banyak 3 orang penumpang dan satu sopir-nya. Asuransi itu mencakup kecelakaan sampai meninggal dunia. 

Cara Menggunakan Uber

Saya mengunduh aplikasi Uber terlebih dahulu untuk ponsel Android saya. Saat pendaftaran itu, saya langsung diminta nomor kartu kredit, CCV, bulan dan tahun expired-nya kartu kredit. Saya masukkan semua nomor, namun setelah itu muncul pemberitahuan bahwa ada masalah dengan bank yang menerbitkan kartu kredit saya. Notifikasi itu saya abaikan saja, coba lagi dan berhasil! Akun Uber sudah saya miliki.
Aplikasi Uber di Google Play (3)

Saya memasukkan kode promosi dari IDGeekGirls untuk mendapatkan layanan gratis. Muncullah pemberitahuan seperti ini.

Promosi Uber (4)
Selanjutnya saya memperhatikan layar ponsel. Terlihat gambar beberapa mobil di sekitar tempat saya berada. Begitu saya masukkan lokasi penjemputan, ada pemberitahuan perkiraan waktu jemput. Saya langsung menyentuh kotak MEMANGGIL uberX. Uber langsung mengubungkan dengan mobil terdekat, tahu-tahu sebuah mobil di aplikasi Uber sudah terlihat berjalan ke tempat saya. Padahal saya belum mau pulang. Karena itu saya cancel saja. Maaf, ya Pak Sopir ^_^

Tampilan saat membuka Uber Apps (5)
Setengah jam kemudian saya coba lagi memakai aplikasi Uber. Kali ini saya memang benar-benar ingin mencoba layanan Uber ini, meskipun saya pikir kode promosi IDGeekGirls tidak bisa dipakai lagi. Saya menentukan lokasi penjemputan dan tujuan. Saya ingin coba ke Jalan Braga saja yang dekat dengan Bober Tropica.   
Di aplikasi UberX muncul foto sopir, nomor plat mobil, dan jenis mobil yaitu Daihatsu Xenia. Di Bandung, Uber masih memberikan layanan Uber X saja yaitu  layanan uber dengan jenis mobil keluarga seperti Xenia, Avanza dan lainnya. D Jakarta, tersedia juga Uber Black dengan layanan mobil-mobil premium seperti Toyota Camry dan Toyota Alphard. 


Tampilan keberadaan sopir (6)

Serasa Punya Mobil Pribadi dengan Uber

Beberapa menit kemudian, di layar ponsel saya terlihat mobil Uber sudah tiba. Saya mencari plat mobil Xenia dengan plat D 1877 PE di depan Bober Tropica. Begitu menemukan mobil dengan ciri tersebut, saya tanya “ini mobil Uber, ya, Pak?” Si Bapak mengangguk. Saya dan 3 teman lainnya masuk ke dalam mobil. Kapasitas maksimal untuk Uber X ini hanya 4 orang, meskipun di bagian belakang masih muat untuk 2 orang lagi. Mungkin untuk alasan kenyamanan dan keselamatan kali, ya.


Mobil tengah menuju lokasi penjemputan (7)

Mobil yang datang melalui Uber (8)
Muncul masalah, karena aplikasi Uber di ponsel sopir bermasalah. “Aduh maaf, kenapa muncul peta Bandung aja, ieu teh. Maaf, ya A’, The, saya gaptek ni,” kata si Pak Sopir yang saya perkirakan berusia paruh baya. Saya keluar dari mobil, mencari karyawan Uber yang mungkin masih berada di Bober Tropica. Sayangnya mereka telah pulang. Saya kembali ke mobil. Pak Sopir tengah menelepon kantor Uber yang terus online rupanya.  

“Saya coba pesan ulang, aja ya, Pak,” kata saya pada karyawan Uber melalui telepon. Saya pun mencoba order kembali dan berhasil! Di aplikasi Uber Pak Sopir sudah muncuk pemberitahuan kalau saya naik ke mobilnya dan siap melaju ke tempat tujuan. Di ponsel saya maupun ponsel Pak Sopir terlihat mobil yang kami tumpangi tengah melaju ke Jalan Braga sesuai dengan rute yang direkomendasikan Uber. 

Selama perjalanan, saya dan teman-teman banyak bertanya pada Pak Sopir. Ternyata si bapak sopir baru 2 hari menjadi sopir yang khusus melayani Uber. Ia mulai siap melayani penumpang mulai dari jam 6 pagi sampai jam 24.00 WIB. Pak Sopir digaji mingguan dengan besaran yang sesuai UMR. Kalau rating dari penumpang bagus, sopir juga akan mendapat bonus. Hal ini mendorong sopir untuk melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada penumpang.

Tak terasa, mobil sudah melintasi Jalan Braga. “Kita balik lagi ke tempat awal tadi lagi, aja, Pak,” kata saya pada Pak Sopir. Andai tidak membawa sepeda motor, kami pasti meminta Pak Sopir mengantarkan kami ke rumah masing-masing. Untuk saat ini, mobil-mobil Uber kebanyakan beredar di pusat keramaian kota Bandung. Jadi kita bisa pulang dengan Uber setelah bepergian atau berwisata di Bandung, tetapi belum tentu bisa memanggil Uber dan minta dijemput di rumah kita. 

Tampilan ponsel sopir jika tiba di tujuan (9)
“Kita sudah sampai ya, Pak,” kata Pak Sopir sambil menyentuh fitur perjalanan selesai di ponselnya. Di ponsel saya muncul tarif yaitu sebesar Rp16.500, namun saya tidak perlu membayar karena masuk dalam masa promosi. Alhamdulillah! Saya pikir sudah hangus kode promosinya. Pantas saja perkiraan harga tidak muncul saat saya memsan tadi. Jika membayar penuh, perkiraan harga seharusnya muncul di awal perjalanan. Tarif Uber dimulai dari Rp3.000. Sebelum turun, saya memberikan
rating berupa bintang 4 untuk sopir di aplikasi Uber. 


Tarif dasar Uber X Rp3000 dengan memperhitungkan jarak dan waktu (10)


Cukup Puas dengan Uber  

Malam itu, saya cukup puas dengan layanan Uber. Untuk saat ini, Uber memang masih memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja aplikasi Uber yang sempat error. Entah kesalahan dari ponsel Samsung Galaxy Prime saya atau karena hal lain. Pembayaran yang hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit milik sendiri atau orang lain/perusahaan yang sudah memberikan ijin pemakaian juga membuat beberapa teman yang belum punya akses kartu kredit belum mengunduh aplikasi Uber. Selain itu peredaran mobil-mobil Uber cenderung di pusat keramaian kota saja. 

Data perjalanan dan pembayaran tersimpan di akun Uber (11)

Kabar baiknya, Uber tengah mengusahakan pembayaran secara tunai seperti yang diberitakan melalui blog-nya dan pembayaran secara debit salah satu bank Nasional. Pemakaian kartu kredit juga tidak perlu secure code, tinggal pelanggan saja memastikan bahwa tagihan bisa dibebankan pada kartu kredit yang didaftarkan. 

Kehadiran Uber di Indonesia khususnya Bandung, yang kabarnya banyak ditentang perusahaan taksi disikapi Uber secara positif. Cyntia mengatakan bahwa Ridwan Kamil, gubernur Bandung telah mengunjungi kantor pusat Uber di San Fransisko. Ridwan Kamil juga berniat akan menyelenggarakan seminar Uber agar masyarakat semakin paham bahwa Uber adalah penyedia aplikasi transportasi, bukan perusahaan taksi. Saya juga berharap, kehadiran Uber dapat menstimulasi perusahaan taksi di Bandung agar memperbaiki layanannya, semoga. 

Sumber foto:
1.   Daily Social
2-11 Koleksi pribadi

Comments
19 Comments

19 komentar:

  1. Kapan-kapan nyobain ah ... tapi harus pakai kartu kredit ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa pakai kartu kredit siapa aja, Mas. Asalkan sudah disetujui si pemilik kartu kredit aja

      Hapus
  2. wah gampang ya ternyata, kemarin nyobain naik Uber doang. yg ngurus pemesanannya bukan saya. semoga dlm waktu dekat bisa pake kartu debit euy bayarnya :D kayaknya mereka bakal dapet pasar lebih luas deh kalo beneran bisa bayar pake debit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga, ya, Teh. Di blog-nya Uber mengabarkan sedang mengurus cara pembayaran secara tunai

      Hapus
  3. Harapan yang sama, semoga bisa dibayar debt. Dan bisa antar jemput. Makin canggih deh Uber.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Kita harus selalu optimis

      Hapus
  4. Terlepas dari cara pembayaran yang rada ribet, kesan pertama membaca ulasan ini, UBER itu aman. Dengan memajang foto sopir dan plat kendaraan, meminimalisir tindak kejahatan yang sering terjadi di angkutan umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selama dalam perjalanan, mobil Uber juga dipantau oleh operator di kantor Uber secara online. Mudah dilacak kalau ada kejadian luar biasa. Btw, di Taiwan mungkin sudah ada Uber juga, Key

      Hapus
  5. Saya juga sempat nguber sepulang dari sana, numpang tapinya. Sayangnya belum punya kartu kredit euy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang dulu, jadi bos Uber kemudian, Teh Euisry

      Hapus
  6. di Bekasi udah ada belum ya? Tapi, kalo bayarnya pake kartu kredit artinya saya ngga bisa pake uber dong, secara ngga punya kartu kredit ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya masih terpusat di Jakarta, mbak. Itu pun di pusat kota/keramaian seperti Sudirman, Kuningan, Senayan dan pusat hiburan lainnya. Cuma bisa minta order buat antar ke Bekasi. Nah, dari Bekasinya yang mungkin belum tersedia. Kalau sudah unduh dan pasang aplikasinya, begitu buka aplikasi akan langsung terlihat ada atau tidak mobil di sekitar tempat kita berada

      Hapus
  7. Sekarang lagi suka juga naik Uber, cuman ya itu, ga punya cc, semoga dalam waktu dekat sistem bayarnya bisanlebih fleksibel..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga. Kabarnya sudah mulai uji coba pakai kartu debit

      Hapus
  8. Kabar-kabari ya Mas Koko kalau sudah bisa pembayaran cash atau pakai debit, karena ga punya kartu kredit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Vi. Nanti coba saya ulas lagi

      Hapus
  9. Saya ingin invest di Uber melalui mitra, caranya bagaimana ? Kantor dibandung dimana ? 081320734537

    BalasHapus
  10. Kalau sekarang sudah bisa cash UBER jadi driver juga ga perlu kerepotan ga megang uang cash untuk beli bensin :D

    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya mbak. Sebelumnya saya izin untuk memberikan info mengenai lowongan kerja sebagai Driver UBER motor dan UBER mobil.

    Tahun 2017 UBER sedang membutuhkan driver baru di Jabodetabek, surabaya, malang, bali.

    Daftar UBER Motor dan UBER mobil 2017 secara online. Daftar melalui link pendaftaran di bawah ini.

    DAFTAR UBER

    Apakah benar hanya perlu daftar online?
    Benar, setelah anda mendaftar anda akan dihubungi pihak UBER untuk segera memenuhi persyaratan sebagai berikut.

    - KTP
    - SIM A atau SIM C
    - STNK
    - SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), bisa buat di Polsek atau Polres

    Jika anda sudah memenuhi syarat di atas, submit semua dokumen melalui akun UBER yang tadi anda daftarkan.

    Apakah perlu ijazah?
    Tidak, cukup lengkapi persyaratan di atas saja.

    Apakah harus datang ke kantor Uber?
    Ya, untuk pengambilan atribut UBER (helm dan jaket) nanti anda akan dihubungi oleh pihak UBER untuk datang ke alamat kantor di daerah anda untuk pengambilan atribut. Untuk UBER Mobil, jika akun sudah aktif bisa langsung berkendara/ narik penumpang.

    BalasHapus
  11. BERITA BAIK! BERITA BAIK!

    Untuk memperkenalkan diri dengan betul,
    Ibu saya SUSAN [SYARIKAT PINJAMAN SUSAN BOWMAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman swasta, syarikat saya menyediakan pinjaman semua jenis dengan kadar faedah 2% sahaja. Ia adalah peluang kewangan di langkah pintu anda, memohon hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat anda.

    Terdapat ramai di luar mencari peluang atau bantuan kewangan di seluruh tempat dan masih, tetapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tetapi ini adalah peluang kewangan di langkah pintu anda dan dengan itu anda tidak mampu untuk melepaskan peluang ini.
    Perkhidmatan ini menjadikan kedua-dua individu, syarikat, lelaki dan wanita perniagaan.
    Jumlah pinjaman tersedia antara jumlah pilihan anda untuk maklumat lanjut hubungi kami melalui e-mel:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com
    Anda juga boleh menghubungi kami melalui +15186011973

    BalasHapus