Menulis, Buku, Kehidupan

Rabu, 29 April 2015

Peluang Menulis Naskah Holidaylicious

Di awal tahun 2015 ini, Nourabooks mengeluarkan buku seri baru untuk penulis dan pembaca cilik. Namanya Holidaylicious! Judul pertama yang terbit adalah Konnichiwa, Jepang! Karya Laksita Judith Tabina. Kamu tertarik untuk menulis naskah Holidaylicious? Simak saja persyaratannya berikut ini.

Holidaylicious Serupa PCPK

Persyaratan penulisan naskah Holidaylicious pada dasarnya sama saja dengan seri Penulis Cilik Punya Karya (PCPK) yaitu:
1.    Panjang naskah maksimal 60 halaman, spasi ganda (double) atau spasi 2. Lebih 2-3 halaman misalnya 62 atau 63 halaman tidak apa, namun usahakan naskah sekurang-kurangnya 55 halaman agar buku tidak terlalu tipis saat diterbitkan. Ketentuan 60 halaman itu hanya isi, tidak termasuk biodata penulis, atau pengenalan tokoh (tidak wajib), dan ucapan terima kasih (tidak wajib)
2.    Naskah harus berupa novel bukan kumpulan cerita. Novel harus berlatar negara di luar negeri, bukan di Indonesia.    
3.    Naskah diketik pada format kertas HVA A4. Gunakan huruf Times New Roman 12 pt agar tulisanmu mudah dibaca.
4.    Usia maksimal penulis 14 tahun atau belum genap berusia 15 tahun pada saat mengirimkan naskah.
5.    Naskah dikirimkan melalui e-mail ke redaksi@noura.mizan.com dengan subject Naskah PCPK atau kirim ke hasil print out yang dijilid rapi ke Redaksi Nourabooks Jl. Raya Jagakarsa No.40, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620 Telp 021-78880556.
6.    Sertakan biodata yang berupa narasi, foto terbaru, dan nomor teleponmu atau nomor telepon orangtua.
Redaksi akan menilai naskah tersebut dalam waktu 3 bulan. Pemberitahuan layak atau tidak layak melalui e-mail atau telepon, bisa lebih cepat atau lebih lambat. Daripada pusing menunggu kejelasan terbit naskah, ada baiknya penulis membuat naskah baru saja.

Negara Latar Holidaylicious      

Karya Laksita Judith
Kemunculan seri Holidaylicious tentu belum banyak diketahui penulis cilik. Maka dari itu, redaksi Nourabooks mengundang beberapa penulis cilik berpengalaman untuk menulis naskah Holidaylicious dengan latar negara tertentu. Laksita Judith Tabina dan Annisa Rizkia Arigayota adalah dua dari beberapa penulis cilik berpengalaman yang diundang khusus untuk menulis naskah seri Holidaylicious ini.
Beberapa latar negara yang sudah dipesan penulis pada beberapa penulis cilik berpengalaman adalah:
Jepang
Korea
Meksiko
Italia
Belanda
Turki
Dubai
Prancis

Novel-Chicha
Noor H. Dee, redaksi Nourabook yang saya hubungi, menyarankan penulis cilik menulis naskah Holidaylicious dengan latar negara yang belum dipesan. Jika kamu sangat ingin menulis naskah Holidaylicious dan mampu menyelesaikan naskah dalam waktu cepat, Noor H. Dee lebih menyukai jika kamu membuat sinopsis novel Holidaylicious terlebih dahulu dan mengirimkannya ke redaksi@noura.mizan.com Pengajuan sinopsis di awal penulisan ini untuk menghindari tumpang tindih penulisan naskah yang sudah dipesan.
Nah, tunggu apa lagi. Segera buka album foto liburanmu di luar negeri, hubungi saudara atau kenalanmu di luar negeri, atau teliti kehidupan orang lain di luar negeri untuk menulis naskah Holidaylicious. Selamat menulis!        

    
    

,
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Makasih infonya ya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. makasih kak atas infonya :D tadi nelpon pihak PCPK syukur aku diberi luang untuk nulis ini :D

    BalasHapus